News Breaking
Live
wb_sunny

Cerita Hantu Kos

Misteri Kerajaan Majapahit yang Belum Tersingkap Sampai Sekarang

Misteri Kerajaan Majapahit yang Belum Tersingkap Sampai Sekarang



Kerajaan Majapahit berdiri seputar era ke-13 sampai 15. Kerajaan ini pernah jadi kerajaan paling besar di Nusantara.

Menyelami kehadiran serta sejarahnya, nyatanya sampai sekarang ada banyak misteri yang belum teratasi. Beberapa sejarawan serta beberapa arkeolog belum dapat mengungkapnya.

Meskipun penggalian arkeologis serta riset ilmiah telah dikerjakan, tapi tetap masih banyak hal yang masih jadi misteri sampai saat ini.

Di bawah ini beberapa bukti misteri dari kerajaan Majapahit yang kemungkinan salah satunya belum Anda tahu:

Misteri Ibu Kota Kerajaan 


Ada beberapa sumber yang mengatakan jika Majapahit ialah kerajaan besar yang memiliki ibu kota.

Beberapa sejarawan memiliki pendapat jika ibu kota Majapahit ada di daerah Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tetapi, ada pula sejarawan yang menyanggahnya. Berarti, beberapa sejarawan belum satu kata menyepakatinya.

Di daerah ini ada situs Trowulan yang berisi beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit seperti Candi Brahu, Candi Tikus, Kolam Segaran, dan sebagainya.

Misteri Istana Majapahit 


Di mana letak istana kerajaan Majapahit? Seperti apa bentuk serta keindahannya? Sampai sekarang keberadaannya masih jadi misteri.

Beberapa sejarawan yakini jika istana kerajaan Majapahit terdapat di daerah Trowulan serta sekelilingnya.

Faktanya, di wilayah itu banyak diketemukan artefak, prasasti, serta beberapa kontruksi bangunan, seperti makam, candi-candi, atau gapura. Tapi, referensi ini tetap diliputi kebimbangan.

Istana kerajaan seakan lenyap atau hancur, tanpa ada didapati sebabnya. Keruntuhan istana Majapahit tidak tinggalkan sisa. Yang masih ada hanya narasi tetapi bukti bukti tepat belum didapat.

Ada pula yang memiliki pendapat jika jika disaksikan dari bentuk susunan bangunannya, candi Kedaton adalah kompleks bangunan istana majapahit. Tapi, kehadiran Candi Kedaton sendiri masih jadi misteri.

Artefak-artefak diantaranya fragmen tembikar atau gerabah, arca terakota, arca dari batu andesit, keramik asing, mata uang kepeng, emas, serta kerangka manusia pernah diketemukan disana.

Misteri Mahkota Kerajaan 


Hancurnya istana Kerajaan Majapahit yang besar serta istimewa di Nusantara, tidak tersisa sisanya benar-benar. Tetapi mendadak, pada tahun 2008, terdengar berita jika mahkota istana Majapahit sudah diketemukan.

Beritanya, sekarang Mahkota itu ada di tangan Hyang Bathara Agung Wilatika Brahmaraja XI. Dia diakui adalah Raja Abhiseka Majapahit, pewaris tahta kerajaan Majapahit.

Hyang Bathara Agung Wilatika Brahmaraja XI dipandang seperti orang yang memiliki hak menggenggam sebab adalah keturunan raja langsung.

Serta menurut berita yang tersebar di Bali, Mahkota selanjutnya disimpan di puri Majapahit, di Perum Puri Gading, Banjar Bhuwana Gubuk, Jimbaran, Bali.

Misteri Harta Karun 


Di Candi Brahu, diketemukan lempeng Prasasti Fakta yang dicatat Raja Mpu Sendok pada 861 Saka atau 939 Masehi. Berdasarkan prasasti itu, lokasi seputar candi Brahu (Trowulan) telah jadi kota besar serta terus bersambung sampai masa keemasan Majapahit.

Di masa Raja Hayam Wuruk, Majapahit seringkali didatangi oleh tamu dari luar negeri, salah satunya dari Tiongkok. Serta untuk melayani beberapa tamu, seringkali diselenggarakan pesta perjamuan.

Waktu perjamuan, semua perlengkapan yang dipakai dilapis dengan emas. Serta sesudah pesta selesai, Semua perlengkapan itu dibuang ke Kolam Segaran, yang ada tidak jauh dari tempat pesta.

Dengan begitu bisa dipikirkan begitu kayanya Majapahit. Begitu banyak juga perlengkapan pesta berlapis emas yang terpendam. Hal tersebut memunculkan mitos mengenai kehadiran harta karun Majapahit.

Tentang Majapahit yang kaya dengan emas, apakah ada hubungan dengan narasi rakyat mengenai Desa Paket, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang konon simpan kandungan emas, perhiasan dari emas, serta arca emas?

Misteri Penemuan Pasak Batu 


Satu pasak batu pernah diketemukan oleh seorang masyarakat yang disangka jadi tempat tambatan gajah yang dipakai jadi kendaraan Sang Prabu.

Menurut narasi yang bertumbuh, tempat itu adalah tempat berkumpulnya beberapa leluhur pada jaman kerajaan Majapahit.

Tetapi, kebenaran narasi ini masih butuh ditelaah sebab tidak ada referensi tentu berkaitan hal tersebut. Narasi yang bertumbuh juga cuma berbentuk perkiraan-perkiraan yang belumlah pasti kebenarannya.

Misteri Sumur Upas 


Sumur Upas sebuah sumur kuno yang beritanya tidak jauh dari istana kerajaan Majapahit.

Tidak ada masyarakat seputar yang berani dekati ditambah lagi buka pintu sumur kuno itu, sebab menurut narasi yang bertumbuh, sumur itu akan keluarkan gas beracun jika dibuka.

Misteri Tokoh Gajah Mada 


Beberapa pakar riwayat Indonesia, dan beberapa instansi sudah lakukan analisis pada kerajaan Majapahit, terhitung mencari mengenai asal mula Mahapatih Gajah Mada, yang populer benar-benar sakti serta populer dengan Sumpah Palapanya.

Dari beberapa riset, belum pernah diketemukan dengan tentu mengenai asal mula Gajah Mada serta bagaimana wafatnya. Ada beberapa wilayah disebut jadi asal mula dan makamnya, tapi belum pernah dibarengi bukti-bukti yang kuat.

Api yang Tidak Pernah Padam 


Di Bojonegoro, Jawa timur, ada kejadian alam berbentuk api yang tidak segera padam semenjak jaman Majapahit . Wilayah sumber api itu namanya Kayangan Api.

Dengan ilmiah, api itu datang dari gas bumi yang tersulut api hingga terus menyala. Memang, perut bumi di lokasi itu memiliki kandungan gas serta minyak bumi yang lumayan banyak.

Tetapi, dikatakan jika dahulu ada seorang pembuat benda pusaka Kerajaan Majapahit namanya Mbah Kriyo Kusumo. Sesudah sekian tahun membuat benda pusaka di perkampungan, Mbah Kriyo Kusumo selanjutnya bertapa serta tirakat ditengah-tengah rimba.

Ia bawa api serta menyalakannya di bebatuan, pas di samping tempatnya bersemedi. Api itu dipakai untuk menyepuh beberapa benda pusaka yang dibuatnya seperti keris, tombak, payung tombak, dan sebagainya. Api itu yang menyala sampai sekarang serta jadi cikal akan Kayangan Api.
loading...
//t+1);for(let r=0;r

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment