Mitos Hantu Lampor yang Dipercaya di Jawa Timur

Lampor sendiri adalah mitos yang benar-benar populer di Jawa Timur. Beberapa warga disana masih yakin akan kehadiran setan ini. Sebetulnya apa mitos dibalik setan lampor serta apa kisahnya yang populer? Baca yuk.



Asal Kata Lampor 

Dengan harfiah lampor disimpulkan jadi ribut atau kerusuhan. Karena, waktu setan lampor ini ada maka terdengar suara yang benar-benar ribut. Suara ribut ini diakui datang dari iringan rombongan Nyi Roro Kidul yang melalui serta membawa juga keranda mayat. Keranda mayat ini nanti akan diisi oleh manusia, serta umumnya anak kecil, yang diculik oleh setan lampor diperjalanan.


Bentuk Setan Lampor 

Tidak ada yang mengetahui tentu bagaimana bentuk setan lampor ini. Ada yang menjelaskan jika setan lampor ini berupa pocong serta ada pula yang menjelaskan seperti dengan genderuwo tetapi lebih menyeramkan.

Lampor dapat hilangkan nyawa manusia. Setan ini menghantui manusia yang sedang tidur selanjutnya mencekiknya sampai mati. Bila telah tidak bernyawa, badan manusia itu akan dibawa memakai keranda mayat yang konon dapat terbang sendirinya.

Waktu Munculnya Lampor 

Lampor tidak tiap hari menampakan diri di depan manusia. Menurut keyakinan warga Jawa Timur, lampor ada cuma pada saat-saat khusus saja. Beberapa warga yakin jika lampor ada bertepatan dengan wabah penyakit yang menyerang satu desa atau pada bulan Safar di penanggalan Jawa. Bila telah masuk waktunya, cuma keberuntunganlah yang dapat menghindari kita dari setan ini.

Langkah Menghindarkan Lampor 

Walau terdengar benar-benar menyeramkan, lampor dapat dijauhi secara benar-benar gampang. Konon, lampor tidak dapat membungkuk atau jongkok. Hingga dia cuma mencekik manusia yang tidur di atas dipan atau tempat tidur. Bila kamu tidur di lantai atau lesehan, kemungkinan kamu akan selamat dari lampor sebab dia tidak akan sampai serta tidak dapat jongkok untuk mencekik lehermu. Aneh ya?