Kisah Mistis balik Gunung Andong, Jawa Tengah, Kamu Wajib Tau

Gunung andong ialah gunung yang terdapat di daerah Magelang Jawa Tengah. Gunung ini termasuk gunung berapi tapi sejauh ini gunung tidak pernah meletus. Walau gunung ini tidak tinggi, tapi banyak beberapa pendaki gunung yang seringkali jadikan gunung Andong jadi tujuan untuk mendaki gunung. Ada yang unik waktu kalian mendaki gunung yang ada di lokasi Giri Rejo, Ngablak Magelang ini. Bila gunung-gunung lain akan mempunyai beberapa penghentian saat naik ke arah pucuk, tapi shelter tidak akan kalian dapatkan waktu mendaki disana. Bagaimana bila nanti kalian lelah? Ya yang Anda butuhkan hanya istirahat ditengah-tengah jalan hanya karena memerlukan waktu 2 jam agar bisa sampai pucuk.



Walau ramai dikunjungi pendaki dari beberapa wilayah, tentulah yang namanya gunung terkenal pastinya simpan narasi mistis. Kadang narasi mistisnya akan membuat beberapa pendaki dibikin merinding. Tapi buat mereka yang terlanjur cinta dengan gunung Andong, semistis apa saja gunung di Magelang itu, tetap halangan akan berupaya dikalahkan ya walau ketakutan dari dalam dirinya. Buat yang tidak pernah hadir kesana, janganlah sampai narasi yang akan dikatakan ini justru menempel dalam daya ingat serta membuat kalian malas mendaki gunung andong. Seandainya akui pendaki gunung sejati, apa saja pasti dilalui.

Apa yang asik saat kalian mendaki gunung. Menurut mereka yang kurang suka pada hoby yang melawan ini tentu saja akan menjelaskan jika mendaki gunung hanya akan membuat tubuh jadi capek. Belum juga mereka harus juga ikhlas berkotor kotoran serta bawa banyak barang untuk sampai di atas gunung. Tidak sama dengan mereka yang telah suka pada rutinitas mendaki gunung, kotor serta capek telah jadi rekan setianya. Serta ketakutan yang ada dalam dianya juga kemungkinan telah pupus, terhitung waktu dengarkan narasi misteri dari gunung Andong yang ada di Jawa Tengah.

Konon pada jaman jaman dulu sebelum pendakian sedikit dikerjakan di gunung Andong, warga seputar jadikan gunung Andong jadi tempat keramat. Warga disana cuma berani ada di kaki gunung saja sedang untuk sampai ke pucuk belumlah ada yang berani sebab takut akan alami hal yang mistis. Kemistisan yang berada di Gunung Andong ada di pucuk gunung. Entahlah darimanakah sumbernya, tapi juru kunci gunung Andong menjelaskan jika di pucuk gunung itu ada satu makam seorang tokoh yang dahulunya terkenal. Di pucuk Gunung Andong ada makam Ki Joko Petik atau nama aslinya ialah Kyai Abdul Faqih.

Yang namanya warga jaman dahulu, mereka tentunya lebih yakin pada beberapa hal yang bau mistis. Saat mereka merasakan makam di pucuk gunung, mereka merasakan makam itu akan jadikan gunung jadi menyeramkan. Tidakkah sampai saat ini yang namanya makam cuma segelintir orang yang berani beraktivitas disana. Konon tuturnya tokoh yang namanya Kyai Abdul Fakih dahulunya ialah orang yang demikian disegani warga hingga waktu beliau wafat serta disemayamkan di pucuk gunung Andong, beberapa orang yang demikian merasakan kehilangan. Sampai pada akhirnya pucuk gunung dipandang wilayah yang jangan asal-asalan disinggahi karena sangat berbaktinya warga dengan kyai itu.

Tidak cuma makam yang ada di pucuk saja yang membuat kemistisan gunung Andong makin populer. Beritanya, ada insiden yang demikian mengerikan dimana ada sesosok wanita yang diketemukan disana. Wanita itu telah meregang nyawa dengan keadaan yang tidak lumrah. Konon beritanya, tubuhnya terpisah dengan kepalanya. Tentunya narasi yang menyeramkan ini kadang sempat membuat merinding beberapa pendaki yang sudah tahu ceritanya. Entahlah bagaimana peristiwanya, tapi wanita itu kemungkinan ialah korban dari pembunuhan yang sampai saat ini belum pernah tersingkap. Apa saja narasi mistis yang tersimpan di balik gunung andong, tetaplah gunung itu mempunyai keindahan tertentu di mata beberapa pendaki gunung.