Ini Dia 7 Misteri Lawang Sewu Paling Menyeramkan, Berani Baca?



Siapa yang tidak mengenal Lawang Sewu? Jadi salah satunya tujuan wisata di Semarang, Lawang Sewu tetap sukses menarik banyak turis yang berkunjung.

Dibalik bangunannya yang unik serta istimewa, nyatanya Lawang Sewu simpan sejuta misteri. Sedetailnya mengenai misteri Lawang Sewu akan diulas dibawah. Yuk dibaca!

1. Dipakai jadi kantor administrasi kereta api 

Lawang Sewu dibuat pada tahun 1904-1907 serta dipakai jadi kantor administrasi kereta api di waktu Hindia-Belanda. Sebelum membuat kantor KA di Semarang, Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) telah membuat rel kereta api pertama di Indonesia, persisnya di tahun 1864 yang lalu.


Seiring waktu berjalan, kantor ini tidak dapat memuat jumlahnya pegawai yang melonjak. Sampai pada akhirnya jadilah Lawang Sewu yang dipakai jadi kantor NIS yang baru.

2. Pernah di jadikan ruangan penjara di jaman penjajahan 

Lawang Sewu seringkali dipakai untuk pekerjaan operasional administratif oleh pemerintahan Belanda. Tetapi dibalik itu, Lawang Sewu sempat juga jadikan jadi ruangan penjara bawah tanah di waktu penjajahan Jepang.


Konon tuturnya, ruangan penjara ini terhitung penjara paling sadis serta kejam di waktu penjajahan. Jadi tidak bingung jika penjara kelihatan seram saat kalian melintasinya.

3. Adalah saksi bisu atas pertarungan 5 hari di Semarang 

Pada tanggal 14-19 November 1945, berlangsung peperangan di antara Indonesia menantang Jepang. Serta Lawang Sewu jadi salah satunya tempat peperangan antar ke-2 negara.

Tetapi pada akhirnya, Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) Indonesia sukses merampas kembali gedung ini sebelumnya setelah jadikan jadi Kantor Jawatan Transportasi oleh Jepang.

4. Terdengar suara pekikan di sumur bawah tanah 

Di halaman penting gedung Lawang Sewu, ada satu sumur tua yang telah lama tidak dibuka buat publik. Fakta penguncian sumur ini disangka sebab terdapatnya suara pekikan yang seringkali ada waktu malam hari datang.

Menurut berita, sumur berikut yang digunakan oleh tentara Jepang untuk menyiksa tentara Belanda. Hingga sering terdengar beberapa suara berteriak meminta tolong dari bawah sumur itu.

5. Penampakan makhluk halus di ruangan penting 

Sebelum masuk ruangan penting Lawang Sewu, kalian harus melalui pintu gerbang besar terlebih dulu. Saat melewati pintu gerbang, beberapa orang seringkali lihat penampakan roh-roh halus. Tidak cuma sekali, tetapi berulang-kali.


Pertama, yakni penampakan tangan hitam besar yang tutupi sisi jendela. Ke-2, dibagian sudut-sudut langit utama ada penampakan orang yang suka menyenter pada malam hari. Disamping itu, ada juga penampakan dengan keadaan muka yang rusak. Serem ya!

6. Dikatakan sebagai bangunan 1.000 pintu, kenyataannya cuma 429 pintu 

Di tiap pojok ruang Lawang Sewu ada pintu-pintu berwarna kecoklatan. Anehnya, pintu-pintu ini dipakai jadi penghubung di antara ruang yang satu dengan ruang lainnya yang jaraknya masih bersisihan.

Pintu-pintu ini diberitakan sejumlah 1.000 pintu. Nyatanya waktu dihitung, pintu ini cuma sejumlah 429 buah. Jika dihitung dengan daun pintunya, banyaknya masih 928 buah. Bekasnya ke mana ya kurang lebih?

7. Seringkali tercium bau-bau aneh di ruangan penjara berdiri 

Di ruangan bawah tanah ada penjara berdiri yang memiliki ukuran 60 cm x 1 m. Penjara yang harusnya dipakai untuk 1 orang tahanan justru dipakai untuk memuat 5-6 orang tahanan. Sampai pada akhirnya semua tahanan meninggal sebab kesempitan.

Bila ada tahanan yang masih hidup tidak akan bertaham lama. Kemudian, mayatnya akan dibuang ke sungai paling dekat. Akibatnya karena penyiksaan sadis ini, seringkali tercium bau-bau aneh dari ruangan penjara, terhitung berbau anyir darah.