Cerita Misteri Gunung Galunggung Memiliki Kekuatan Pelet, Benarkah?

Konon beberapa gunung di Jawa Barat memang diketahui angker serta penuh misteri, sebutlah saja Gunung Salak, Gunung Ceremai, serta Gunung Tangkuban Parahu. Salah satunya antara beberapa gunung di Jawa Barat itu, konon tidak kalah mistis dibandingkan ke-3 gunung yang telah kami katakan barusan.

Nama gunung itu ialah Gunung Galunggung, gunung setinggi 2.168 mtr. di atas permukaan laut yang jaraknya seputar 17 KM dari pusat Kota Tasikmalaya. Narasi misteri Gunung Galunggung yang tersebar luas di warga kemungkinan terdengar sedikit tidak umum. Nah, lalu apa semua misteri dibalik kokohnya Gunung Galunggung ini?



Melihat misteri Gunung Galunggung berasa kurang komplet bila kita tidak mengulas mengenai riwayat gelap gunung ini. Gunung ini pernah meletus sekitar 4 kali. Letusan pertama berlangsung pada tahun 1822 serta membuat hujan pasir berwarna merah, awan panas, abu halus, serta lahar dingin. Minimal ada 4.011 orang yang meninggal karena keganasan letusan Gunung Galunggung pertama-tama. Di tahun 1894, Gunung Galunggung kembali meletus serta keluarkan lahar yang mengalir mengarah tenggara. Mengakibatkan seputar 50 desa terserang efek dari letusan gunung ini walau korban jiwanya tidak sekitar letusan di tahun 1822. Selain itu, tahun 1918 Gunung Galunggung meletus kembali dengan diikuti terdapatnya petir serta gempa bumi sebelum gunung itu erupsi.

Letusan ini membuahkan tumpukan lava di kawah yang tingginya seputar 85 mtr. serta dinamakan Gunung Jadi. Yang paling akhir gunung ini meletus di tahun 1982-1983. Kegiatan letusan gunung ini berlangsung sepanjang 9 bulan serta merenggut 18 korban jiwa. Karena letusan ini, 22 desa yang ada di seputar gunung jadi desa yang dibiarkan penduduknya.

Tidak dapat difoto

Pemandangan pegunungan tetap jadi objek photo paling favorite, khususnya buat photografer. Juga demikian dengan Gunung Galunggung yang terlihat elok bila disaksikan dari terlalu jauh dengan ke-2 mata kita. Anehnya, pesona Gunung Galunggung ini seperti terlihat tidak mau diabadikan dalam lensa camera. Dapat dibuktikan telah terdapat beberapa photografer andal yang tidak dapat membuahkan potret yang cantik dari Gunung Galunggung.

Sehebat apa saja camera yang digunakan, gunung ini tetap terlihat biasa saja bila diabadikan di photo. Kontras sekali dengan panorama ke-2 mata kita saat lihat pemandangan Gunung Galunggung yang sanga cantik. Mitos ini cukup sudah terkenal di golongan photografer sebab sampai sekarang memang belumlah ada satu juga orang yang dapat menyimpan “keindahan” pemandangan Gunung Galunggung lewat satu photo.

Cerita misteri Gunung Galunggung bukan sekedar hanya pesonanya yang tidak dapat diabadikan dalam lensa camera. Konon, gunung ini mempunyai satu pelet magic yang bisa membuat orang ingin balik lagi ke gunung ini. Bila Anda pernah mendatangi Gunung Galunggung, di masa datang Anda akan rasakan perasaan yang aneh, yaitu kemauan untuk kembali pada gunung itu. Baik pelancong atau beberapa pendaki gunung yang pernah berkunjung di Gunung Galunggung tetap merasakan ingin balik lagi serta . Minimal tertera seputar 200 beberapa ribu pelancong lokal serta luar negeri yang pergi ke Gunung Galunggung.tiap tahunnya. Matinya mesin pesawat yang lewat Matinya mesin pesawat yang lewat di Gunung Galunggung Momen menakutkan yang satu ini berlangsung pada tahun 1982. Waktu itu, pesawat Bristish Airways yang pergi dari Inggris ke arah Australia harus terbang lewat Indonesia, persisnya di atas Gunung Galunggung. Waktu pesawat sedang lewat di atas gunung itu, mendadak 4 mesin pesawat mati dengan tiba-tiba. Insiden ini berlangsung saat pesawat itu terbang melalui satu kabut hitam yang tebal. Anehnya, sesudah lewat kabut itu sang pilot sukses hidupkan mesin pesawatnya . Untuk pastikan keamanan serta keselamatan penumpang, pilot sangat terpaksa datang genting di lapangan terbang paling dekat.

Bila dipikir dengan akal sehat, insiden semacam ini tidak umum. Masalahnya pesawat yang masuk awan saja cuma alami sedikit guncangan, tidak harus sampai alami kematian mesin.

Batu besar tempat bertapa beberapa orang sakti

Gunung kelihatannya telah jadi tempat favorite buat beberapa orang sakti untuk bertapa. Juga demikian dengan Gunung Galunggung. Gunung ini seringkali diambil untuk tempat bertapa. Bila dijelajahi, ada satu batu besar di salah satunya pojok gunung ini. Konon, batu itu ialah tempat bertapa buat beberapa wali atau syekh yang menebarkan ajaran Islam di Indonesia. Walau usianya telah beberapa ratus atau beberapa ribu tahun, batu itu tidak kikis dikonsumsi jaman. Serta, menurut rumor warga ditempat, batu itu masih simpan kemampuan yang besar sekali hingga dapat membuat orang yang ada di dekatnya jadi merinding.

Pucuk Gunung Galunggung ialah rumah bangsa jin Pucuk Gunung Galunggung ialah rumah bangsa jin Keangkeran dalam suatu gunung memanglah bukan hal yang baru. Bisa diyakinkan jika semua gunung di Indonesia tentu angker serta mempunyai narasi mistis tertentu. Pucuk Gunung Galunggung diakui jadi rumah buat bangsa jin.

Menurut beberapa orang yang bisa lihat dengan mata batin, pucuk gunung ini benar-benar “ramai” akan kegiatan mahluk astral. Meskipun tidak membangun kerajaan gaib, tapi narasi tentang pucuk Gunung Galunggung yang ditempati oleh beberapa ratus sampai beberapa ribu mahluk tidak kasat mata ini harus akan membuat kita merinding. Pantangan memancing ikan di kawah Pantangan memancing ikan di kawah Untuk beristirahat sesaat sebelum meneruskan pendakian kemungkinan Anda akan pilih tempat yang sejuk serta tenang. Kawah di seputar Gunung Galunggung mempunyai air yang dingin, tetapi tidaklah sampai membeku. Serta, di di air kawah itu ada beberapa ikan.

Ingin selekasnya memancing di kawah Gunung Galunggung? Seharusnya taruh terlebih dulu kemauan Anda. Ini dikarenakan keyakinan warga ditempat tentang misteri Gunung Galunggung mengenai ikan yang cuma jangan dipancing oleh manusia. Ikan-ikan yang hidup di kawah Gunung Galunggung ini ialah punya jin yang tinggal di pucuk, hingga manusia memang tidak diperbolehkan untuk ambil ikan di kawah ini. Satu hari pernah ada seorang pria yang memancing serta langsung memasak ikan yang diamankan dari Kawah Gunung Galunggung. Esok harinya pria itu alami sakit serta tidak segera sebuh. Selanjutnya, keluarga bawa korban ke pakar ruqyah.

Yang mengagetkan , pakar ruqyah menjelaskan jika pria itu kesurupan 2 mahluk halus yang tidak terima sebab ikannya diambil oleh pria itu. Itu beberapa misteri Gunung Galunggung yang menyebar luas di warga. Gunung yang diketahui mempunyai daya magic yang kuat ini tetap tawarkan beberapa narasi misteri yang harus membuat bulu kuduk kita meremang. Tertarik untuk bertandang ke Gunung Galunggung?