News Breaking
Live
wb_sunny

Cerita Hantu Kos

9 Misteri yang Menyelimuti Gunung Semeru, Baca Sekarang!

9 Misteri yang Menyelimuti Gunung Semeru, Baca Sekarang!

9 Misteri yang Menyelimuti Gunung Semeru

Ada misteri yang tidak dapat dipecahkan manusia, kita hanya dapat belajar darinya. 


Gunung, satu tempat di bumi terutamanya di Indonesia yang simpan banyak cerita misteri. Kisah-kisah misteri ini terus turun-menurun sampai di telinga beberapa pendaki. Ada yang yakin, ada pula yang menganggap satu narasi angan-angan.

Misalnya cerita misteri yang tersimpan dibalik megahnya Gunung Semeru. Beberapa salah satunya:

#1 Cerita mengenai Mbah Dipo, yang konon dahulunya ialah juru kunci Gunung Semeru 

misteri gunung semeru

Sebagian besar gunung di Indonesia mempunyai juru kunci. Konon mereka-mereka ini lah yang dapat terima pesan dari sang gunung, mengenai apa yang akan berlangsung di gunung, kapan akan meletus atau musibah apa yang akan berlangsung di gunung itu.

Mbah Dipo ialah figur yang banyak diketahui golongan pendaki Semeru. Mbah Dipo ini dahulunya juru kunci Semeru, tetapi sekarang sudah wafat. Ada satu narasi yang megisahkan jika sampai Semeru meletus, karena itu pergilah mengarah sungai. Jangan sampai ke arah Gunung Sawur. Entahlah apa itu benar atau mungkin tidak.

#2 Misteri Arcopodo yang seringkali dihubungkan dengan dua patung ghaib sang prajurit Kerajaan Majapahit 



Lokasi Arcopodo ini seringkali jadikan tempat istirahat pendaki sebab mempunyai dataran yang lumayan luas. Menurut narasi yang tersebar, di ruang ini ada dua patung prajurit dari Kerajaan Majapahit yang hanya dapat disaksikan oleh orang yang memiliki mata batin.

Jika disaksikan dari asal mula namanya, Arcopodo memang bermakna dua arca atau dua penjaga. Banyak pendaki yang akui pernah lihat dua patung ini, tetapi umumnya tetap memandangnya dalam ukuran yang beda. Ada yang katakan seukuran anak kecil, ada pula yang katakan seukuran raksasa.

#3 Ikan Mas Ranu Kumbolo yang dipercaya masyarakat ditempat jadi dewi penjaga 

Ada larangan yang mengatakan jika tiap pendaki yang naik Gunung Semeru jangan memancing atau tangkap ikan mas yang berada di Danau Ranu Kumbolo. Karena menurut kepercayaan beberapa masyarakat ditempat, ikan mas ini ialah penjelmaan dari beberapa dewi yang ditugaskan untuk jaga lokasi Ranu Kumbolo.

Entahlah benar atau mungkin tidak, tetapi ada banyak pendaki yang masih memancing di sini.

#4 Mengenai mitos kehadiran Dewi Penunggu Ranu Kumbolo, konon seringkali ada penampakan dewi dengan menggunakan kebaya kuning 


Mitos mengenai ikan mas penunggu Ranu Kumbolo bersambung dengan narasi penampakan sesosok wanita yang sering tampil di lokasi danau ini. Narasi yang tersebar, wanita ini sering ada dengan kenakan pakaian kebaya warna kuning. Serta kehadirannya diikuti adanya kepulan asap waktu bulan purnama hadir.

#5 Pendaki yang pernah mendaki Semeru tentu pernah dengar narasi mengenai menyeramkannya lokasi Kelik 

Kelik ialah tempat dimana ada beberapa batu “in memoriam” yang mengisyaratkan terdapatnya orang yang wafat di Gunung Semeru. Diantaranya ialah batu “in memoriam” punya Soe Hok Gie.

Hal yang menyeramkan dari tempat ini ialah, biasanya berlangsung kesurupan antara pendaki yang sedang naik gunung Semeru. Konon beberapa pendaki ini dirasuki oleh roh manusia atau roh binatang.

#6 Mitos Tanjakan Cinta di Ranu Kumbolo, jika ini sich pendaki maunya jadi fakta bukan hanya mitos 

Tanjakan cinta adalah jalan pendakian yang perlu pendaki lalui waktu ke arah puncak dari Ranu Kumbolo. Tanjakan ini sebenarnya tidak curam, tetapi memang panjang.

Tuturnya, bila dapat melalui tanjakan ini tanpa ada istirahat serta tanpa ada melihat karena itu permintaan cintamu akan terjadi. Karenanya tanjakan ini lebih diketahui dengan panggilan Tanjakan Cinta.

#7 Puncak Mahameru, diakui jadi tempat beberapa bersemayamnya Beberapa Dewa 

Puncak Mahameru ialah titik paling tinggi di tanah Jawa. Kepercayaan warga kuno aalah puncak gunung ini adalah tempat bersemayamnya beberapa dewa. Karena itu bikin siapa saja yang ingin dengarkan beberapa suara dewa,mereka harus semedi dahulu di puncak Gunung Semeru.

#8 Ada narasi yang menjelaskan jika Gunung Semeru ialah Bapak Gunung Agung 

Narasi serta kepercayaan ini digenggam oleh warga Bali. Beberapa dari warga Bali yakin jika Gunung Semeru adalah Bapak Gunung Agung. Serta, warga Bali lakukan upacara sesaji pada beberapa dewa-dewa yang bersemayam di Gunung Semeru.

Upacara sesaji ini umumnya dijalani tiap 8 – 12 tahun sekali, yakni cuma saat satu orang terima suara ghaib dari dewa Gunung Semeru. Tidak hanya upacara sesaji ini, warga Bali seringkali hadir ke Gua Widodaren di sekitaran Bromo untuk memperoleh Tirta Suci.

#9 Menurut narasi waktu lampau, Gunung Semeru ialah pakunya Pulau Jawa 

Ada satu legenda yang konon tercatat di kitab kuno era 15, jika Pulau Jawa dahulunya mengambang di lautan serta terombang ambing. Lantas beberapa dewa putuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan Gunung Meru. Gunung ini sendiri semula ada di India. Yang membawanya ke Pulau Jawa ialah Dewa Wisnu serta Dewa Brahma.

Awalnya Gunung Meru ini ditempatkan di ujung barat Jawa, tetapi ini membuat urutan pulau Jawa berat samping. Karena itu dibagi dualah gunung ini. Sampai jadi Gunung Semeru yang ditempatkan disamping timur Jawa Timur, serta Gunung Penanggungan disamping barat Jawa.
loading...
//t+1);for(let r=0;r

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment